Minggu, 11 Maret 2012

Mengetahui keberadaan hp/posisi teman

Ternyata ada jugak cara melacak posisi teman kita melalui Hp melalui google latitude. Simak celotehan berikut

Bagi Sahabat para pengguna ponsel tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Google Maps. Sebuah aplikasi yang sudah lama diluncurkan dan memiliki manfaat yang cukup berguna dan membantu. Ini sekedar pengenalan kembali bagi anda yang belum pernah mencobanya. Didalam Google Maps juga terdapat Google Latitude dimana kita bisa besosialisasi dan dapat memantau teman, kerabat maupun keluarga dekat, dimana posisi mereka berada.

Pengguna Google Latitude adalah pengguna internet yang sudah memiliki akun di Google atau mempunyai email dari Gmail ,mungkin ini adalah sebuah strategi Google untuk mendapatkan sebanyak mungkin pengguna google di internet.

Untuk bisa mengetahui posisi teman kita, maka kita harus mendaftarkan alamat emailnya (email gmail) ke dalam daftar teman yang kita miliki, dan ini perlu persetujuan dari teman kita dan mengizinkan posisinya kita ketahui. Setelah disetujui, maka kita dengan mudah bisa mengetahui posisi teman kita, posisi ini adalah posisi terakhir saat teman kita mengakses Google Map, disertai dengan kapan mereka berada disana ditandai dengan berapa menit, berapa jam atau berapa hari yang lalu.

Supaya Sahabat bisa menggunakan Google Latitude, kita harus download aplikasinya dahulu melalui handphone anda ke alamat http://www.google.com/latitude, aplikasi akan secara otomatis disesuaikan dengan OS dan Platform handset dan Google Latitude ini ada dalam Google Map Mobile versi terbaru. Aplikasi ini lebih optimal lagi kalau HP anda memiliki fasilitas GPS.

Setelah aplikasi kita download dan diinstall di ponsel kita, maka kita bisa langsung menggunakan Google Latitude ini untuk menunjukkan posisi teman-teman kita (yang sudah terdaftar) dengan cara Sign Up terlebih dahulu dengan cara klik menu dan memilih “Join Latitude” lalu pada menu “Layers” aktifkan (beri tanda ceklis) pada Traffic, Satellite dan Latitude.


 Berikut ini cara penggunaannya : 


a. Buka https://www.google.com/latitude/
b. Log In menggunakan akun Google kamu. 
(Google Akun kamu adalah login yang sama yang Anda gunakan dalam layanan Google seperti GMail, dll.).
melacak penelpon
Skip and use Latitude on your computer


c. Setelah kamu meng-Klik beberapa pilihan, lalu masuklah ke link "Tambah Teman" (letaknya di kiri atas halaman). Klik pada menu drop-down di bagian atas kotak dialog dan pilih "All Contacts."


d. Cari sampai kamu menemukan informasi kontak untuk orang yang teleponnya ingin kamu lacak. 
Klik "Teman" tab pada halaman Google Latitude, kamu akan melihat Google Map di sebelah kanan. Di sebelah kiri peta adalah daftar teman Latitude. Klik pada nama teman kamu dalam daftar untuk melihat mana ponsel orang tersebut di Google Map. Anda juga dapat melihat berapa lama telah sejak lokasi itu terakhir diperbarui


Contoh tampilan hasil pencarian lokasi penelpon saya
melacak penelpon
e. Kemudian, yang lebih menariknya lagi, aplikasi ini bukan hanya mencari lokasi saat ini saja. Dengan Google Latitude ini Anda dapat juga mencari history (sejarah) lokasi terdahulu dari “target pencarian kamu", dan juga melihat status online/offline dari layanan Google Talk yang mereka gunakan.


History posisi penelpon kita

melacak penelpon























Sekedar info:
- Cara diatas bisa kamu lakukan jika kamu online menggunakan komputer/laptop. 
Jika kamu online melalui perangkat mobile maka ada beberapa perbedaan. Google Latitude memerlukan Anda dan orang lain untuk menerima pelacakan. Anda tidak dapat melacak ponsel seseorang tanpa izin orang itu. 
- Google Latitude akan menampilkan lokasi Anda dan teman Anda di Google Maps. Jika telepon yang dilacak tidak memiliki kemampuan untuk menggunakan satelit global positioning atau GPS, maka Google masih dapat melacak lokasi umum dengan menggunakan menara seluler atau BTS terdekat.

Bila masih bingung menggunakanya silahkan simak video tutorial berikut iniGoogle Latitude dari Youtube:


0 comments :

This is BizOppers