Rabu, 21 Januari 2015

Tanaman pengusir nyamuk


Sebetulnya menjaga kebersihan dan memberi sirkulasi yang baik adalah salah satu cara menjaga bersarangnya nyamuk. Tapi bila dirasa kurang cukup cobalah pakai pengusir alami nyamuk, yaitu tanaman. Tanaman apa saja yang dibenci oleh nyamuk dan patut dipertimbangkan sebagai tanaman hias? 

Salah satunya adalah zodia

Zodia adalah tanaman asli Papua. Biasanya, orang Papua menggosok-gosokkan daunnya ke kulit sebelum masuk hutan agar tidak digigit nyamuk. Zodia memiliki zat Evodiamine dan Rutaecarpine yang tidak disukai nyamuk.

Selanjutnya adalah bunga yang sudah lazim kita dengar yaitu Lavender

Lavender berasal dari Swiss, tapi dapat Anda tanam di Indonesia. Lavender sudah terkenal sebagai bahan pembuat lotion anti nyamuk karena bunganya mengandung zat linalool dan lynalyl acetate yang dibenci nyamuk.
Selanjutnya adalah rosemary.Bunga Rosemary mengeluarkan aroma yang khas seperti minyak kayu putih. Nyamuk tidak suka dengan aromanya karena dapat mengacaukan indra penciumannya.
Kemudian tanaman lain yang tidak disuka nyamuk adalah Geranium.
Geranium atau bunga tapak dara ini mengandung geraniol dan sitronelol. Tanaman hias ini menghasilkan aroma yang dibenci nyamuk sehingga nyamuk yang menciumnya akan menjauh dari rumah Anda.
Selnjutnya adalah tanaman serai atau yang lazim dipakai sebagai bumbu dapur, serai juga dapat menjadi tanaman pengusir nyamuk yang ampuh. Kandungan zat geraniol dan sitranelal dalam serai menghasilkan aroma yang tidak disukai nyamuk.

Demikian beberapa tanaman yang dapat dijadikan referensi untuk menjadi penghias rumah dan pelindung terhadap gangguan gigitan nyamuk

0 comments :

This is BizOppers